MEMBUAT TITIK BERBENTUK GARIS DENGAN OPENGL



OpenGL merupakan singkatan dari Open Graphics Library. OpenGL itu sendiri merupakan spesifikasi standar yang mendefinisikan suatu lintas bahasa untuk mengembangkan suatu aplikasi yang menghasilkan suatu grafis komputer dalam bentuk 2D ataupun 3D.

Membuat Garis Vertikal 












Source Code :


            glClearColor (1.1f, 0.0f, 1.1f, 1.2f);
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
            glPointSize(5.0f); glBegin(GL_POINTS);
         
            glPushMatrix ();
            glClearColor(1,1,1,0);
            glColor3f(0,1,0);
         
            glBegin(GL_POINTS);
            glVertex3f(0,0,-0.0);
            glVertex3f(0.0,0.9,0.0);
            glVertex3f(0.0,0.8,0.0); glVertex3f(0.0,0.7,0.0); glVertex3f(0.0,0.6,0.0);
            glVertex3f(0.0,0.5,0.0); glVertex3f(0.0,0.4,0.0); glVertex3f(0.0,0.3,0.0);
            glVertex3f(0.0,0.2,0.0); glVertex3f(0.0,0.1,0.0);
         
            glEnd ();
            glPopMatrix ();
         
            SwapBuffers (hDC);
            Sleep (1);
            }
            }

Output :














Membuat Garis Horizontal












Source Code :


            glClearColor (1.1f, 0.0f, 1.1f, 1.2f);
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
            glPointSize(5.0f); glBegin(GL_POINTS);
         
            glPushMatrix ();
            glClearColor(1,1,1,0);
            glColor3f(0,1,0);
         
            glBegin(GL_POINTS);
            glVertex3f(0,0,-0.0);
            glVertex3f(0.9,0.0,0.0);
            glVertex3f(0.8,0.0,0.0); glVertex3f(0.7,0.0,0.0); glVertex3f(0.6,0.0,0.0);
            glVertex3f(0.5,0.0,0.0); glVertex3f(0.4,0.0,0.0); glVertex3f(0.3,0.0,0.0);
            glVertex3f(0.2,0.0,0.0); glVertex3f(0.1,0.0,0.0);
         
            glEnd ();
            glPopMatrix ();
         
            SwapBuffers (hDC);
            Sleep (1);
            }
            }

Outputnya :














Membuat Garis Diagonal












Source Code :


            glClearColor (9.1f, 0.0f, 0.1f, 0.1f);
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
            glPointSize(5.0f); glBegin(GL_POINTS);
         
            glPushMatrix ();
            glClearColor(1,1,1,0);
            glColor3f(0,1,0);
         
            glBegin(GL_POINTS);
            glVertex3f(0,0,-0.0);
            glVertex3f(0.9,0.9,0.0);
            glVertex3f(0.8,0.8,0.0); glVertex3f(0.7,0.7,0.0); glVertex3f(0.6,0.6,0.0);
            glVertex3f(0.5,0.5,0.0); glVertex3f(0.4,0.4,0.0); glVertex3f(0.3,0.3,0.0);
            glVertex3f(0.2,0.2,0.0); glVertex3f(0.1,0.1,0.0);
         
            glEnd ();
            glPopMatrix ();
         
            SwapBuffers (hDC);
            Sleep (1);
            }
            }

Output :













Penjelasan :


- glClearColor (0.1f, 0.1f, 0.1f, 0.1f);[ Warna untuk latar belakang dalam mode RGBA  ]
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);[ Membersihkan layar latar belakang ]
- glPushMatrix ();[ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
- glClearColor(0,0,0,0);[ Untuk menentukan warna garis/titik ]
- glColor3f(1,1,1); //[ Untuk menentukan warna garis/titik ]
- glBegin(GL_LINES);[ Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
- glVertex3f(0,0,-0.0);[ Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
- glVertex3f(0.0,0.0,0.0);[Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
- glEnd ();[ Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir ]
- glPopMatrix ();[ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
- SwapBuffers (hDC);[ Untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
- Sleep (1);[Program berhenti sejenak]

Nama    : Hangger Hidayanto
Kelas    : 3KA32
NPM     : 13110111




 

Membuat Garis Dengan OpenGL Pada Dev C++



OpenGL merupakan singkatan dari Open Graphics Library. OpenGL itu sendiri merupakan spesifikasi standar yang mendefinisikan suatu lintas bahasa untuk mengembangkan suatu aplikasi yang menghasilkan suatu grafis komputer dalam bentuk 2D ataupun 3D.

Memulai Program


1. Pertama buka Dev C++ sebagai interface awal program.

2. Pilih File pada Menu, kemudian pilih New lalu Project.
3. Maka akan tampil kotak New Project, pilih Mulitimedia lalu pilih OpenGL kemudian OK.














Library OpenGL ini sudah berisikan source code mulai dari tampilan bentuk hingga animasi nya secara Default. Jika kita ingin membuat suatu animasi pada OpenGL, kita hanya menuliskan source code nya dibawah komentar /* OpenGL animation code goes here */. 

Membuat garis vertikal














Source Code :


            glClearColor (1.1f, 0.0f, 1.1f, 1.2f);
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
            
            glPushMatrix ();
            glClearColor(1,1,1,0);
            glColor3f(0,0,0); //
            
            glBegin(GL_LINES);
            glVertex3f(0,0,-0.0);
            glVertex3f(0.0,130.0,0.0);
            //////////////////////////////////
            
            glEnd ();
            glPopMatrix ();
            
            SwapBuffers (hDC);
            
            Sleep (1);
            }
            }

Output :














Membuat garis horizontal 














Source code :


            glClearColor (1.1f, 0.0f, 1.1f, 1.2f);
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
            
            glPushMatrix ();
            glClearColor(1,1,1,0);
            glColor3f(0,0,0); //
            
            glBegin(GL_LINES);
            glVertex3f(0,0,-0.0);
            glVertex3f(0.9,0.0,0.0);
            //////////////////////////////////
            
            glEnd ();
            glPopMatrix ();
            
            SwapBuffers (hDC);
            
            Sleep (1);
            }
            }

Output :














Membuat garis diagonal













Source code :


            glClearColor (9.1f, 0.0f, 0.1f, 0.1f);
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
            
            glPushMatrix ();
            glClearColor(1,1,1,0);
            glColor3f(0,0,0); //
            
            glBegin(GL_LINES);
            glVertex3f(0,0,-0.0);
            glVertex3f(0.9,0.9,0.0);
            //////////////////////////////////
            
            glEnd ();
            glPopMatrix ();
            
            SwapBuffers (hDC);
            
            Sleep (1);
            }
            }

Output :














Penjelasan :


- glClearColor (0.1f, 0.1f, 0.1f, 0.1f);[ Warna untuk latar belakang dalam mode RGBA  ]
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);[ Membersihkan layar latar belakang ]
- glPushMatrix ();[ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
- glClearColor(0,0,0,0);[ Untuk menentukan warna garis/titik ]
- glColor3f(1,1,1); //[ Untuk menentukan warna garis/titik ]
- glBegin(GL_LINES);[ Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
- glVertex3f(0,0,-0.0);[ Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
- glVertex3f(0.0,0.0,0.0);[Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
- glEnd ();[ Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir ] 
- glPopMatrix ();[ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
- SwapBuffers (hDC);[ Untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
- Sleep (1);[Program berhenti sejenak]