Review VGA NVIDIA ASUS GeForce GTX 660 DirectCU II TOP

Selama sebulan belakangan ini, ranah perkembangan teknologi graphics card dipenuhi berita seputar GeForce GTX 660 dan juga GTX 650. Bocoran gambar graphics card, spesifikasi, dan juga benchmark menyebar luas di dunia maya. Akhirnya, tiba hari dimana kepastian bagaimana spesifikasi, harga, dan juga performa dua graphics card tersebut terungkap. NVIDIA tidak hanya merilis satu tetapi dua graphics card Kepler yaitu, GeForce GTX 660 dan GeForce GTX 650. Akan tetapi saya hanya akan menghadirkan review GeForce GTX 660 besutan ASUS dan menunda review GTX 650 karena ketersediaan driver.
















Sweet-spot graphics card, itulah GeForce GTX 660. Dengan kisaran harga jual sebesar $229 (MSRP online), GTX 660 (non-Ti) mencoba mengincar kalangan gamer yang meninginkan graphics card dengan performa tinggi, hemat daya, sekaligus memiliki harga terjangkau. Apakah GTX 660 mampu mewujudkan keingingan gamer akan graphics card seperti itu?


Dengan 5 buah unit SMX, GeForce GTX 660 memiliki 960 CUDA Cores, 80 Texture Units, dan 24 ROP Units. Untuk spesifikasi clock, graphics card ini dilengkapi clock GPU sebesar 980 MHz dengan nilai Boost Clock sebesar 1033 MHz dan clock memory sebesar 6008 MHz.

Seperti GeForce GTX 660 versi Ti, versi non-Ti juga dilengkapi memori tipe GDDR5 dengan bandwidth memory sebesar 192-bit dan kapasitas sebesar 2GB. TDP graphics card ini adalah sebesar 140 Watt sehingga hanya diperlukan satu buah konektor daya PCIe 6-pin untuk pasokan daya ke GTX 660.


GeForce GTX 660 adalah pilihan menarik bagi gamer?

Jika kita membandingkan performa dan harga GeForce GTX 660 lalu kita bandingkan dengan graphics card yang beredar saat ini, terutama di pasar Indonesia, memang akan membuat terkejut. Jika perkiraan kami benar, GeForce GTX 660 reference kemungkinan akan mulai ditawarkan di kisaran harga di bawah 2,5 juta rupiah di pasar Indonesia, jika melihat kisaran harga yang diberikan NVIDIA sebesar $229 (MSRP online).

Untuk harga seperti itu, GeForce GTX 660 memiliki performa tidak jauh berbeda dengan GTX 580 yang saat ini masih dijual di atas 4 juta rupiah (kondisi saat tulisan ini dibuat). Hal yang tidak jauh berbeda juga terjadi pada HD 7870 GHz Edition yang saat ini masih ditawarkan di atas 3 juta rupiah di pasar Indonesia. Menyambut peluncuran GK106 AMD memang berencana kembali mamangkas harga HD 7870 GHz Edition dari $249 menjadi $239 (MSRP online). Akan tetapi sayangnya pasar Indonesia ternyata belum terkena imbas penurunan harga ini. Alhasil bukan tidak mungkin untuk saat ini gamer disini akan lebih memilih GTX 660 yang ditawarkan di kisaran harga lebih murah tetapi dengan performa tidak jauh berbeda dengan HD 7870 GHz Edition.

Untuk saat ini, terutama di Indonesia,  sepertinya GeForce GTX 660 merupakan pilihan graphics card tebaik baik dari segi harga maupun performa di kelas 2 jutaan rupiah.

Penulis : Hangger Hidayanto ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Review VGA NVIDIA ASUS GeForce GTX 660 DirectCU II TOP ini dipublish oleh Hangger Hidayanto pada hari Senin, 26 November 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan Review VGA NVIDIA ASUS GeForce GTX 660 DirectCU II TOP
 

2 komentar:

  1. hi..saya mahasiswa jurusan informatika, ijin copy artikel ini ya gan, thanks for sharing :)

    BalasHapus
  2. https://pemainayam.net/fakta-penyebab-ayam-bangkok-selalu-takut-dengan-ayam-kampung
    Fakta Penyebab Ayam Bangkok Selalu Takut Dengan Ayam Kampung, Ayam Bangkok merupakan salah satu ayam petarung yang paling banyak ditakuti oleh beberapa penggemar adu ayam di indonesia dan internasional.
    WA : 0812-2222-995
    Line: cs_bolavita
    Telegram : t.me/bolavita

    BalasHapus